Fungsi dan Penggunaan Do, Does, Did dalam Bahasa Inggris

Pelajaran sebelumnya, kita telah belajar mengenai Fungsi dan Penggunaan Have, Has dan Had dalam Bahasa InggrisSekarang kita akan belajar fungsi dan penggunaan do, does, did dalam bahasa Inggris.

Fungsi dan Penggunaan Do, Does, Did dalam Bahasa Inggris


Fungsi dan penggunaan do, does, did dalam bahasa Inggris memiliki kesamaan pada pelajaran sebelumnya mengenai have, has dan had yaitu berfungsi sebagai kata kerja (main verb) dan sebagai kata bantu (auxiliary verb).

Ketika kita sudah tahu fungsi dari kata do, does, did, maka akan sangat mudah bagi kita untuk mengaplikasikannya dalam bentuk kalimat bahasa Inggris maupun menggunakannya dalam sebuah percakapan bahasa Inggris (conversation).

Mari kita belajar lewat pembahasan mengenai fungsi dan penggunaan do, does, did dalam bahasa Inggris dibawah ini yang juga nanti akan dilengkapi dengan contoh soal do, does, did atau contoh kalimat do, does, did dalam bahasa Inggris.

1. Pengertian Do, Does dan Did

Bila kita melihat dari fungsi kata do, does dan did sebagai main verb atau kata kerja maka artinya adalah melakukan/mengerjakan. Namun bila kita melihat fungsi do, does, did sebagai kata bantu (auxiliary verb) maka artinya kurang lebih adalah apakah, e.g Do you have a pen? (Apakah Anda mempunyai sebuah pena?) atau bahasa sehari-harinya: Punya pena? atau arti bahasa gaulnya: Punya pena gak?/Loe ada pena gak?

2. Fungsi Do, Does dan Did

Berikut dibawah ini fungsi do, does, did yang terdiri dari 2 (dua) yaitu:

2.1 Do, does, did sebagai main verb (kata kerja)

Kata do merupakan sebuah kata kerja tidak beraturan (irregular verb) yaitu do (v-1), did (v2/past) dan done (v3/participle). Didalam sebuah kalimat, do sebagai action dengan pola S + verb + o + . . . .

2.2 Do, does, did sebagai auxiliary verb (kata bantu)

Fungsi yang ke-2 dari kata do, does, did adalah sebagai kata bantu dalam sebuah kalimat. Kata bantu yang dimaksud disini adalah apabila kalimat simple present dan past membentuk sebuah kalimat negatif atau interrogatif (pertanyaan).

Sebagai contoh kalimat simple present: She has a new pencil. Ini adalah kalimat positif apabila ingin kita ubah kedalam kalimat negatif yang artinya dia tidak memiliki pensil baru maka kita membutuhkan kata bantu do/does, dalam hal ini kita membutuhkan does karena mengikuti third singular (she). Jadi bunyinya menjadi she does not have a new pencil atau she doesn’t have a new pencil.

Sama halnya dengan kalimat pertanyaan, kita membutuhkan kata bantu, maka bunyi diatas bila kita buatkan kedalam kalimat interogatif maka bunyinya: Does she have a new pencil? (Fungsi does disini adalah auxiliary/kata bantu dan bukan sebagai main verb, main verb pada kalimat itu adalah have/has.

3. Contoh kalimat Do, Does, Did

Kita akan melihat beberapa contoh do, does, did dalam kalimat bahasa Inggris

3.1 Contoh kalimat do, does, did sebagai kata kerja (main verb)

  • She did her homework last night. (past)
  • They do the project every day. (present)
  • I do Jessi’s work every Saturday. (present)
  • She does nothing all day. (present)
  • He has done his homework. (participle)

3.2 Contoh kalimat do, does, did sebagai auxiliary verb (kata bantu)

  • She didn’t do her homework last night.
  • Do they do the project every day?
  • They don’t do the project every day.
  • What does she do all day? (nothing)

Feel free to ask kalau masih mengalami kebingungan mengenai fungsi dan penggunaan do, does, did dalam Bahasa Inggris.

Foto: freedesignfile.com

Fungsi dan Penggunaan Do, Does, Did dalam Bahasa Inggris
4.8 (95%) 4 vote[s]

Spread the love
  • 3
    Shares

Immer Manalu

Merupakan lulusan dari Universitas Teknologi Yogyakarta jurusan Sastra Inggris & mantan English Teacher di EF (English First), blog ini merupakan tempat saya menulis dan menuangkan ilmu pengetahuan tentang bahasa Inggris khususnya di bidang Grammar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *