Fungsi dan Penggunaan Have, Has dan Had dalam Bahasa Inggris

Topik pelajaran bahasa Inggris sebelumnya kita telah belajar contoh kalimat auxiliary verb. Pada sesi ini, kita masuk ke pelajaran mengenai fungsi dan penggunaan have, has dan had dalam kalimat bahasa Inggris.

Fungsi dan Penggunaan Have, Has dan Had


Bila kita melihat kata have, has dan had dalam sebuah kalimat, mungkin kita bingung fungsinya sebagai apa dalam kalimat tersebut. Apakah fungsinya sebagai kata kerja (main verb) atau sebagai kata bantu (auxiliary verb). Mari kita galih lebih dalam agar tidak bingung ketika menggunakan have, has dan had dalam kalimat bahasa Inggris.

1. Pengertian have, has dan had

Jadi apa sebenarnya arti have, has dan had dalam bahasa Indonesia? Arti have, has dan had itu tergantung dengan fungsinya didalam sebuah kalimat. Bila dia berfungsi sebagai kata kerja (main verb) maka artinya adalah “Memiliki/mempunyai”.

Bila fungsi dalam kalimat adalah sebagai kata bantu (helping verb/auxiliary verb) maka artinya adalah “telah/sudah”. Jadi perlu dimengerti posisi have, has dan had dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Lihat terus pada poin ke-2 dibawah ini.

2. Fungsi have, has dan had

Seperti pada poin pertama tadi bahwa fungsi have, has dan had terbagi menjadi dua bagian:

2.1 Have, has dan had sebagai kata kerja (verb)

Fungsi pertama dari have, has dan had adalah sebagai kata kerja. Kata kerja disini termasuk kata kerja transitif (intransitive verb) yang memiliki object.

Sering terjadi kesalahan ketika membuat kalimat dengan kalimat negatif. Sebagai contoh: I have two books (saya memiliki dua buku) maka sering kali salah dalam membuat kalimat negatif yang dibuat menjadi: I haven’t two books (saya tidak memiliki dua buku) padahal karena fungsinya adalah sebagai kata kerja maka kalimat diatas adalah kalimat simple present sehingga didalam membentuk kalimat negatif simple present, kita membutuhkan do, does + not, jadi yang benar adalah I don’t have two books.

Juga terjadi didalam kalimat pertanyaan, sebagai contoh: Do you have a watch? Sering kali dijawab dengan No, I haven’t (No I have not) padahal jawaban yang paling tepat adalah No, I don’t (No, I don’t have a watch — long answer)

2.2 Have, has dan had sebagai auxiliary verb

Fungsi kedua dari have, has dan had adalah sebagai kata bantu didalam kalimat. Kata bantu atau helping verb yang digunakan untuk present dan past perfect tense. Have dan has untuk present perfect tense: Sesuatu yang dikerjakan dimasa lampau dan masih dikerjakan sampai sekarang ini. Sementara had untuk past perfect tense, sesuatu dikerjakan dimasa lampau dan sudah selesai diwaktu yang lampau pula.

3. Contoh kalimat have, has dan had

3.1 Contoh kalimat have, has dan had sebagai kata kerja (verb)

Fungsinya adalah sebagai full verb: Have/has (V1), Had (V2/V3). Contoh dalam kalimat bahasa Inggris sebagai full verb.

  • She has two cats, one is female and the other is male.
  • They have a lot of books to share to the poor.
  • He has the capability to run this business.
  • She had three dogs four years ago.
  • I still have access to the room.

3.2 Contoh kalimat have, has dan had sebagai auxiliary verb

Fungsi berikutnya adalah sebagai kata kerja bantu (auxiliary verb) yang biasa kita gunakan untuk kalimat present dan past perfect tense (perfect continuous tense).

Pola:
S + have/has/had + V3 (present perfect)
S + have/has/had + been + v-ing (present perffect continuous tense)

  • She has been working in this company for about 3 years.
  • I have almost done my homework.
  • I have not cleaned the floor yet.
  • He had finished his study.
  • She has written the book since 2017.

Kalau kamu masih bingung, bisa langsung bertanya atau kursus online via whatsapp ya, kita bahas hingga benar-benar paham. Sekian penjelasan mengenai fungsi dan penggunaan have, has dan had dalam kalimat bahasa Inggris.

Baca: Contoh Soal Bahasa Inggris Tentang Occupation

Foto: isthiswall.blogspot.com

Fungsi dan Penggunaan Have, Has dan Had dalam Bahasa Inggris
5 (100%) 2 vote[s]

Spread the love
  • 3
    Shares

Immer Manalu

Merupakan lulusan dari Universitas Teknologi Yogyakarta jurusan Sastra Inggris & mantan English Teacher di EF (English First), blog ini merupakan tempat saya menulis dan menuangkan ilmu pengetahuan tentang bahasa Inggris khususnya di bidang Grammar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *